Breaking News

6/recent/ticker-posts

Pusat Perayaan Lebaran Topat di Berbagai Daerah di Lombok | Suara Bumigora

Poster pusat perayaan Lebaran Topat di berbagai daerah di Lombok 
Mataram, suarabumigora.com - Lebaran Topat (Ketupat), merupakan Lebaran Adat di pulau Lombok, ritual tersebut dilaksanakan seminggu pasca Idul Fitri tepatnya jatuh esok (12/6/2019).

Lebaran Topat, kemudian menjadi festival budaya di pulau Lombok, dan sudah menjadi agenda tradisional reguler masing-masing Kabupaten / Kota di Lombok. 

Biasanya Lebaran ini diisi dengan kegiatan-kegiatan berbau adat atau tradisi, seperti festival kesenian dan budaya tradisional. 

Bersumber dari berbagai Humas masing-masing Pemda, berikut kami sajikan lokasi pusat perayaan Lebaran Topat di masing-masing Kabupaten / Kota di lombok.

Kota Mataram, akan menyelengarakan Dzikir dan doa, di musholla Siti Aisyah Pemkot Mataram pada pukul 07.00, kemudian akan dilanjutkan pada pukul 08.00 dengan festival di Makam Loang Baloq, Tanjung Karang, dan dilanjutkan ke Makam Bintaro, Ampenan. 

Kemudian Pemda Lombok Barat, memutuskan untuk menunjuk Pantai Duduk, Batulayar, sebagai pusat perayaan Lebaran Topat, hal ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya. 

Sedangkan Kabupaten Lombok Utara akan menggelar perayaan Lebaran Topat di Pantai Sire, Tanjung. Kegiatan akan dimulai pada pukul 09.00 hingga pukul 17.00 sore. 

Terakhir untuk wilayah Lombok Tengah, pihak Pemda Loteng akan menyelenggarakan festival Lebaran Topat di Pantai Kuta, Mandalika, yang akan dimulai pada pukul 08.00 hingga selesai. Untuk wilayah Lombok Timur, redaksi suarabumigora.com belum mendapatkan informasi secara resmi. (sat) 

Posting Komentar

0 Komentar