Breaking News

6/recent/ticker-posts

Idul Fitri, Jatuh pada Hari Selasa 4 Juni dan 2019 | Suara Bumigora

Pantauan Astronomi Dewan Fiqih Amerika Utara (Foto : moonsighting. com) 
Mataram, suarabumigora.com - Penetapan 1 Syawal kerap menjadi perdebatan di kalangan ahli hisab di tanah air, memasuki penghujung Ramadan 1440 Hijriyah ini hal serupa juga tersaji, beberapa ormas keagamaan, seperti NU dan Muhammadiyah kerap berbeda pendapat mengenai penetapan 1 Syawal

Menurut Dewan Fiqih Amerika Utara, 1 Syawal 1440 H,  jatuh pada hari Selasa 4 Juni 2019.,karena hilal telah muncul pada hari Senin 3 Juni (Hari ini). Perhitungan ini berdasarkan perhitungan sebelumnya yang menetapkan 1 Ramadan pada Senin 6 Mei 2019. 

Dari hasil perhitungan astronomi yang dilakukan Dewan Fiqih Amerka Utara, bulan baru astronomi adalah pada hari Senin 3 Juni 2019, pada pukul 10.03 waktu Universal. Pada waktu itu di dekat Miami, Florida saat matahari terbenam panjangnya adalah 8 derajat dan panjang bulan 5 derajat di atas matahari. "Karena itu hari pertama Syawal 1440 H, jatuh pada hari Selasa 4 Juni 2019, Insyaallah" Sebut Dewan Fiqih Amerika Utara, dalam situs resminya moonsighting.com.

Sementara, di Indonesia hingga saat ini masyarakat masih menunggu hasil sidang isbat yang digelar Menteri Agama RI, setelah shalat Magrib WIB. (sat) 

Posting Komentar

0 Komentar