Breaking News

6/recent/ticker-posts

Tententa, Pasar Digital Karya Para Pemuda Utara | Suara Bumigora

Famflet Aplikasi Tententa (Gambar: Yayasan Pasir Putih)


Lombok Utara, suarabumigora.com - Siapa yang tidak kenal dengan Yayasan Pasir Putih, yayasan yang bergerak dalam bidang Kesenian dan Kebudayaan ini telah lama berkiprah menumbuhkembangkan dan melestarikan kebudayaan dan kesenian di Lombok Utara. Berawal dari kegiatan Bangsal Menggawe 2021 bertajuk "Rumah Kita Surga Kita" beberapa waktu lalu, para aktivis seni budaya ini kemudian merefleksikan itu ke dalam sebuah aplikasi jual beli online yang bertujuan membangkitkan kebudayaan yang bersinergi dengan sektor  ekonomi, melihat saat ini UMKM di Lombok Utara belum memiliki wadah yang efektif. 


"Berangkat dari Bangsal Menggawe 2021, kita ingin memanfaatkan segala potensi kita di Utara ini, jadi--Rumah Kita Surga Kita--bukan hanya sekedar jargon," jelas Muhammad Ghozali. Ketua Yayasan Pasir Putih atau yang tenar disebut Amaq Dahrun. 


Inovasi berupa aplikasi tersebut dinamakan "Tententa" berasal dari klausa bahasa Sasak Lombok Utara yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti "Pasar Kita". Aplikasi jual beli online semacam Lazada, Gojek, Shopie, dan berbagai platform pasar digital lain ini digagas Yayasan Pasir Putih guna memberikan wadah bagi UMKM dan membantu perputaran ekonomi lokal yang diketahui semakin sulit akibat pandemi.


"Kami berusaha mewadahi UMKM di KLU melalui Tententa, di samping itu kami yakin aplikasi ini bisa menjadi pasar digital yang membangkitkan perekonomian warga KLU," ujar Muhammad Sibawaih, Direktur Program Yayasan Pasir Putih. 


Yayasan Pasir Putih sebagai pencetus dan pengelola Tententa, berkomitmen untuk mengalokasikan 30 persen dari total profit Tententa untuk anggaran kegiatan kebudayaan. Sementara itu, saat ini Tententa sudah memiliki 33 member UMKM, alias 33 UMKM sudah bergabung menjadi anggota Tententa. 


"Alhamdulillah baru 33 UMKM yang menjadi anggota Tententa hingga saat ini," papar Sibawaih saat ditemui di sekretariat Yayasan Pasir Putih, Selasa (13/4/2021). 


Sibawaih melanjutkan, Tententa direncanakan akan mulai beroperasi pada Rabu 14 April 2021. Sementara untuk launching aplikasinya akan diselenggarakan pasca Ramadhan nanti. Tententa sudah memiliki delapan kurir yang siap mengantar pesanan pelanggan yang berdomisili di Kecamatan Pemenang dan Tanjung. Untuk sementara Kecamatan Gangga, Kayangan, dan Bayan belum bisa maksimal digarap timnya. 


Para Kurir (Driver) Tententa berpose bersama (Gambar: Yayasan Pasir Putih)

"Sementara ini kita menerima pelayanan untuk pelanggan yang berdomisili di Pemenang dan Tanjung, ke depan semua kecamatan kita maksimalkan," tegasnya. 


Untuk pengembangan Tententa ke depan, Yayasan Pasir Putih berencana mengajak berbagai stakeholders untuk bekerja sama sehingga dapat mempermudah kemajuan Tententa. Bagi masyarakat KLU pengguna android yang ingin menggunakan aplikasi Tententa, kini sudah dapat diunduh di Play Store. (sat) 

Posting Komentar

0 Komentar