Breaking News

6/recent/ticker-posts

Genggong Gelangsar, Eksistensi Musik Tradisional di Era Global | Suara Bumigora


Alat Musik Genggong

Lombok Barat, suarabumigora.com - Musik tak ayal menjadi alternatif meregangkan pikiran, tak heran kian banyak musik yang muncul di era global ini, namun eksistensi musik tradisional tak kalah menarik dibandingkan dengab musik konvensional saat ini. 

Salah satunya adalah Genggong, Musik dengan nada kalem ini masih lestari di Desa Gelangsar, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat. Sempat menuai masa kritis akhirnya Eksistensi Genggong kembali bersinar. Sapri, adalah tokoh yang mempelopori kelestarian Genggong di Desa Gelangsar. 
Sapri, Ketua kelompok musik Genggong Gelangsar, sedang memainkan genggong dengan gending kepundung. 
Menurut keterangan Sapri, Ketua Kelompok Kesenian Genggong Gelangsar, kelompoknya kerap kali diundang dalam berbagai festival seni musik di tingkatan Kabupaten, bahkan Nasional, "pasca lebaran ini kami diundang untuk pentas ke Bali" ungkap Sapri. 

Selain itu kelompoknya juga kerap mengisi pertunjukan musik tradisional di beberapa hotel ternama di wilayah pariwisata senggigi. Bahkan banyak wisatawan asing yang berkunjung ke Gelangsar, hanya untuk menyaksikan kesenian ini.

Kepala Desa Gelangsar, M Rahman
M Rahman, Kepala Desa Gelangsar pun sangat mendukung aktivitas kelompok seni ini, ditengah keterpurukan tradisional di era global ini diharapkan Genggong tidak ketinggalan "Dari pemerintah Desa tetap mendukung penuh, harapan kami bagaimana pemuda-pemuda di sini, aktif berpartisipasi dalam menjaga dan melestarikan tradisi" ujar Rahman. (sat) 

Posting Komentar

0 Komentar